Edukasi meningkatkan kualitas hidup RSU 'Aisyiyah ponorogo bentuk klub stroke

PONOROGO – Pemahaman masyarakat seputar penyakit stroke perlu ditingkatkan. Bersamaan dengan peringatan Hari Stroke Sedunia, Rumah Sakit Umum ‘Aisyiyah (RSUA) Ponorogo me-launching Klub Stroke. ‘’Klub ini menjadi wadah silaturahim antara rumah sakit dengan pasien stroke maupun penyakit kronis,’’ jelas drg. Enti Isnarni, Humas RSUA Ponorogo kemarin (5/11).

Peringatan hari stroke dengan tema I’m Woman: Stroke Affects Me itu digelar di Auditorium Nyai Ahmad Dahlan RSUA Ponorogo. Kegiatan tersebut diikuti  sekitar 80 peserta yang mayoritas berasal dari pasien stroke dan penyakit kronis. Para peserta yang hadir mendapatkan pelayanan pemeriksaan tensi. ‘’Kegiatan peringatan hari stroke ini pertama kali digelar di RSUA,’’ kata Enti yang juga ketua klub stroke.

Selain launching klub juga ada penyuluhan tentang materi stroke, faktor risiko dan penatalaksanaannya.  Materi disampaikan  dr. Muchtar Mahjudin dokter spesialis syaraf RSUA. Sebagai tindak lanjut, Enti mengungkapkan, bakal ada kegiatan rutin edukasi pasien stroke melalui penyuluhan.

Selain itu, juga ada kegiatan pemeriksaan dan konsultasi kesehatan pasien serta senam untuk para anggota. ‘’Dengan adanya klub tersebut, diharapkan pasien stroke maupun penyakit kronis mampu meningkatkan kualitas hidup yang lebih optimal. Tentunya dengan perawatan jangka panjang yang tepat serta dukungan dari keluarga serta lingkungan,’’ jelasnya. (tif/yup/ser)

  • Senin, 16 Oktober 2017